Saturday, May 31, 2008

Sekretaris Jenderal PBB Menolong kelaparan

Kemiskinan Makanan
  • Ada 854 juta orang yang tidak punya cukup makanan, dari 852 juta di tahun lalu.

  • Setiap hari, hampir 16 ribu anak-anak yang mati karena sebab-kelaparan; satu anak setiap 5 detik. Terus juga ada 2112 juta anak yang dihitungkan di 2007, jadi ada 0.000757576% yang mati setiap hari karena kelaparan. Jadi kalau anak-anak cuman mati karena laparan dan ibu-ibu tidak punya bayi dalam 132000 hari semua anak-anak akan mati.

  • Karena jalan-jalannya Irak menjadi medan perang, banyak warganegara Irak menjadi tawanan di rumahnya sendiri dan jadi makin lapar, ibu-ibu juga punya banyak kesempatan akan punya bayi mereka di rumah.

  • Harga makanan yang meningkat dari tahun lalu menjadi salah satu masalah besar untuk PBB memecahkan sampai 2015. Tetapi masih ada masalah-masalah yang masih belum selesai di dunia ini.

  • 4 juta orang di UK(6.66666667% atau 1/15) tidak bisa membeli makanan yang cukup untuk kesehatan; 1 dari 7 orang-orang pada umur dari 65 tahun punya risiko mendapat kekurangan gizi.

  • Salah satu masalah yang menghasilkan kemiskinan makanan adalah harga-harga bertambah terlalu banyak dari tahun lalu.
Karena hampir ada 854 juta, dari kelaparan, mati setiap hari di seluruh dunia, aku pertama coba untuk memecahkan soal berat ini di negara-negara yang di mempengaruhi paling banyak. Aku tahu anak-anak Irak mati karena mereka terjebak di rumah mereka dan juga bahwa banyak anak-anak tidak bisa membeli cukup makanan karena harganya terlalu mahal. Ada juga yang tidak punya banyak panen, pertolongan dan persediaan, seperti di Afrika. Jadi aku pertama memberikan Afrika ayir bersih untuk selama aku bisa, terus aku impor sapi dan ayam ke tempat tertentu seperti Zimbabwe dan Afrika Selatan. Kemudian aku mengirimkan beberapa tentara, yang sudah di Irak, dari Britania ke rumah-rumah, yang di mengilingi bagi bertempuran, untuk memberi makanan dan air ke orang-orang yang tinggal di dalam. Juga doktor-doktor yang selalu siap untuk menolongi ibu-ibu yang akan punya bayi.

Indonesia
Aku terus ke Indonesia untuk belajarin kenapa orang-orang Indonesia menanggulangi kesulitan-kesulitan kelaparan dan bagaimana aku bisa menhalangi kelaparan. Hasi-hasil ini mungkin karena sedikit hasil panennya Aceh dan Papua diberikan ke seluruh Indonesia jadi Aceh dan Papua punya lebih sedikit makanan dari panen-panen. Jadi pemecahanku adalah untuk Aceh dan Papua, kalau tidak menjadi negara sendiri, tidak harus memberikan panen-panenya ke kota-kota yang lain. Soalnya kalau terus memberikan panenya ke kota yang lain, nanti Aceh dan Papua tidak akan punya cukup makanan untuk semua orang-orang yang bertempat disana akan mati karena tidak punya cukup makanan.

India

Sekarang aku ke India untuk mencoba menhalangi kelaparan anak-anak yang di sekolah mereka dan di rumah mereka dan orang-orang tua. Meskipun pemerintah janjikan makanan yang punya cukup bahan gizi untuk anak-anak yang masih bertumbuh, makanan lengkap masih tidak di diberikan anak-anaknya India. Jadi aku perintahi pemerintah untuk bagikan sedikit hasilan panen ke anak-anak dan orang tua yang tidak bisa hidup sendiri, kalau tidak persedian sebagian pesawat dan senjata untuk India akan berhenti.

Korea Utara
Di Korea Utara aku belajar bahwa 65,000,000 orang dari 23 juta tidak punya cukup untuk di makan. Itu dekat 1/3 dari semua penduduk Korea Utara, kalau mau lebih tentu itu adalah 1/3.53846154 atau 28.2608696%. Salah satu hal yang menciptakan masalah ini adalah karena panen-panen tahun ini di meramalkan akan gagal karena banjiran-banjiran berat yang terjadi tahun lalu. Jadi aku bagikan bagian panennya Amerika ke Kore Utara. Aku pilih Amerika karena mereka udah punya banyak makanan dan (aku benaran berpikir) karena ada banyak orang Amerika yang terlalu gendut, karena mereka rakus dan pelit, mereka juga pikir mereka paling hebat.
Thailand
Sekalipun kemiskinan sudah menurunkan dari 48 tahun lalu, pendapatan penyaluran menjadi lebih buruk. Meskipun ada fakta-fakta yang membuktikan bahwa standar kehidupan di Thailand sudah dengan cepat bertambah baik untuk orang-orang Thai, masih ada banyak orang-orang miskin, terutama di utara-timur Thailand. Jadi aku pilihkan orang-orang yang mau bekerja untuk PBB dan menolong sebagian orang-orang Thai untuk membirikan makanan dan persediaan ke semua orang-orang yang tidak dapat cukup makanan. Dan juga satu sukarelawan dari PBB untuk memeriksakan kalau pemerintah bertolongi orang-orang Thai.
UK

Paling terakhir adalah UK. Meskipun tidak kelihatanya punya masalah makanan, 4 juta orang-orang di UK(6.66666667% atau 1/15) tidak bisa membeli pangah yang teratur. Jadi karena harga makanan terlalu mahal, aku akan mengurangi harganya makanan bagai 15% untuk semua negara-negara, tetapi Afrika yang aku akan menurungkan bagai 19%, supaya mereka tidak punya masalah ini juga.

* * *

No comments: